Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

sumber : maxresdefault.jpg

Tugas akhir atau yang lebih dikenal dengan skripsi adalah tugas wajib yang harus dikerjakan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Dalam proses penyusunannya sering kali ada permasalahan yang dihadapi. Baik faktor luar, seperti halnya dosen pembimbing yang sulit untuk ditemui waktu bimbingan. Ada juga faktor dari dalam yang membuat Anda kesulitan untuk menyusun naskah skripsi, seperti halnya malas.

Terlelpas dari kedua faktor tersebut. Satu bagian naskah skripsi yang paling membingungkan setiap orang adalah bagaimana cara membuat daftar isi. Memang terkesan simpel. Anda hanya perlu membuat list tiap bab dan juga sub bab pada satu halaman sendiri dan dikasih nomor sesuai dengan halamannya. Akan tetapi seringnya perubahan pada nasakah skripsi akan membuat halaman tiap bab maupun sub bab akan berubah juga. Ribet kan kalau tiap ada perubahan naskah harus membuat lagi daftar isi. Oleh sebab itulah ada cara membuat daftar isi secara otomatis menggunakan aplikasi microsoft word

Teknik Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

sumber : maxresdefault.jpg

Sebelum bicara tentang cara membuat daftar isi. Ada baiknya Anda mengetauhi dulu tentang kegunaan daftar isi. Daftar ini merupakan komponen penting yang harus ada pada setiap buku. Tujuan dari adanya daftar isi adalah sebagai informasi awal tentang apa saja yang dibahas pada buku tersebut. Daftar isi berisi bab dan juga sub bab tentang apa saja yang menjadi topik bahasan dalam buku secara lebih rinci. Selain itu dengan adanya daftar isi, pembaca akan lebih mudah untuk menemukan topik bahasan yang sedang dia cari. Karena dengan adanya daftar isi yang juga berisikan daftar halaman tiap bab akan mempermudah Anda mencari halaman mana yang membahas tentang topik yang Anda cari.

Ada banyak cara membuat daftar isi yang bisa Anda gunakan melalui aplikasi offfice di komputer Anda. Bisa secara manual untuk dapat membuat daftar isi. Anda hanya perlu membuat file word baru dan memasukkan daftar dari setiap bab dan sub dari topik pembahasan yang Anda angkat. Akan tetapi dengan membuat daftar isi secara manual, akan ribet ketika ada perubahan nomor halaman ketika ada tambahan gambar maupun ilustrasi yang akan Anda gunakan. Anda harus menganti setiap halaman pada daftar isi yang telah Anda buat. Lain ceritanya jika Anda membuat daftar isi secara otomatis. Dengan membuat daftar isi secara otomatis, Anda tidak akan diribetkan dengan setiap perubahan penomoran halaman dalam setiap bab, karena akan berubah secara otomatis menyesuaikan nomor halaman dari setiap bab.

Cara membuat daftar isi secara otomatis melalui microsoft word sangat mudah, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk dapat membuatnya.

  1. Untuk dapat membuat daftar isi menggunakan microsoft word, pastinya Anda harus membuka file baru di microsoft word, kemudian pilih menu References, dan pilih Table of content. Untuk format yang akan Anda gunakan bisa Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan. Untuk dapat membuat daftar isi secara otomatis, pilihlah tipe Automatic. Setelah itu pastinya akan muncul halaman baru. Pada halaman tersebut pastinya ada keterangan Table of content belum ditemukan. Hal tersebut dikarekan Ada tahapan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu.
  2. Untuk mengisi halaman daftar isi tersebut. Anda perlu membuat daftar bab ataupun sub bab tang akan Anda masukkan pada daftar isi. Setiap bab,nya Anda tulis di setiap halaman yang berbeda.
  3. Agar dapat terbaca oleh sistem Table of content, atur style tulisan pada setiap bab menjadi heading 1 atau heading 2. Caranya sangat mudah. Blok tulisan judul tersebut, kemudian pada kolom Styles yang ada di menu Home pilih Heading 1 atau Heading 2.
  4. Setelah tulisan bab tersebut bisa terbaca oleh sistem, selanjutnya lakukan penomoran untuk memun julkan nomor halaman pada daftar isi. Caranya, pilih menu Insert, kemudian pada kolom Header dan Footer, pilih Page Number. Ada banyak pilihan jenis nomor halaman yang bisa Anda gunakan sesuka hati. Sesuaikan dengan ketentuan buku yang akan Anda buat.

Setalah semua tahapan diatas Anda lakukan. Anda hanya perlu kembali ke halaman pertama tadi, yang muncul tulisan Table of content tidak ditemukan. Setelah itu klik Update Table. Maka akan muncul daftar isi dari setiap bab yang telah Anda buat. Jika ada perubahan Anda hanya perlu satu kali klik, untuk dapat merubah daftar isi yang telah Anda buat.

Begitulah cara membuat daftar isi secara otomatis. Sangat simpel bukan. walaupun sepele, hal ini akan membuat pekerjaan Anda untuk membuat naskah skripsi akan lebih efisien. Dengan proses pembuatan naskah yang lebih efifisen akan membuat proses kelulusan Anda juga akan semakin cepat. Jika tidak ada faktor dosen pembimbing yang sulit ditemui ataupun malas tidak diperhitungkan.

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas