Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

sumber : contohsurat.co

Memiliki pekerjaan tetap merupakan mimpi bagi sebagian orang sebagai bentuk aktualisasi diri kehidupan bermasyarakat dan juga tentunya sebagai sarana untuk mendapat penghasilan. Dalam dunia kerja yang pastinya akan sangat ketat dengan persaingan dengan rekan kerja, tujuannya adalah untuk dapat meningkatkan posisi. Hal ini berhubungan dengan pendapatan, semakin tinggi posisi atau jabatan maka akan tinggi pula pendapatan yang akan diterima, oleh karena itu sebagian orang yang kalah atau gagal dalam persaingan kebanyakan mengundurkan diri dari sebuah perusahaan. Entah dengan alasan ingin melanjutkan bisnis sendiri, atau dengan alasan yang lain.

Mengundurkan diri dari perusahaan tentunya tidak bisa semena-mena meninggalkan tanpa alasan, kita harus memberikan alasan yang jelas dan juga dengan cara yang formal, sebagaimana disaat melamar pekerjaan tentunya kita menggunakan cara yang formal bukan. Namun, tidak sedikit yang belum mengetahui bagaimana keluar dari sebuah perusahaan, tiba – tiba angkat kaki saja. Salah satu yang dibutuhkan saat ingin mengundurkan diri adalah surat pengunduran diri. Masih banyak yang bingung bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang benar dan akhirnya memutuskan meninggalkan pekerjaan secara tiba-tiba.

Surat pengunduran diri merupakan suatu wujud peghormatan bagi pemilik perusahaan, karena bagaimana pun ia telah berjasa telah memberikan pekerjaan bagi kita agar dapat mendapat penghasilan dan bisa memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, surat pengunduran diri juga dapat sebagai wujud ucapan terimakasih kita kepada pemiliki perusahaan. Sebenarnya sangat sederhana sekali cara membuat surat pengunduran diri yang benar. Intinya adalah kita harus menulis dengan Bahasa Indonesia yang benar dan dengan Bahasa yang sopan.

Jika masih bingung tentang cara membuat surat pegunduran diri yang baik dan benar, Anda bisa mencoba membaca artikel berikut sampai selesai agar dapat mengundurkan diri dengan tepat dan tetap bisa menjalin hubungan baik dengan perusahaan.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

sumber :detiklife.com

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin menjadi hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

1. Tulis dengan Bahasa yang Sopan

Cara membuat surat pengunduran diri yang perrtama, jangan sampai mengundurkan diri secara kasar atau semena-mena. Ingat saat kita membutuhkan sebuah perusahaan, bagaimana kita membuat surat lamaran pekerjaan yang sebaik mungkin agar dapat diterima. Tentunya hal tersebut juga harus dilakukan saat ingin keluar dari sebuah perusahaan. Tulis surat dengan Bahasa yang baik dan benar, serta baku, jangan sampai menggunakan Bahasa gaul, karena hal tersebut akan merusak hubungan baik dengan perusahaan yang ingin kita tinggalkan.

2. Tulis dengan Sesuai dengan Budaya Perusahaan

Maksudnya dalam point ini adalah jika perusahaan yang sedang kamu tempati terbiasa menggunakan computer sebagai sarana penunjuang saat bekerja, tentunya kamu juga harus menulis dengan menggunakan computer dan di print di kertas yang tepat, jangan sampai mencetaknya di kertas photo, karena itu sangat lucu sekali dan juga untuk apa, kan kita mau mencetak surat bukan photo. Namun, jika perusahaan yang sedang kamu tempati masih menggunakan alat tulis manual alias menggunakan tangan, kamu bisa membuatnya juga dengan tulis tangan. Tulis sebaik mungkin dan yang penting bisa dibaca dan dipahami. Jika kamu merasa tulisannmu jelek, kamu bisa meminta tolong kepada teman, sahabat, pacar, ibu, atau nenek kamu, agar pemiliki perusahaan dapat membaca dan memahaminya.

3. Sampaikan Surat Pengunduran Diri dengan Cara yang Sopan

Cara membuat surat pengunduran diri selanjutnya adalah kamu harus menyampaikannya. Dalam hal ini, kamu perlu melengkapi surat pengunduran diri dengan map. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan sopan dan rapi. Dengan begitu kamu akan memiliki kesan yang baik sebelum berpisah. Dan sampaikan langsung surat pengunduran diri tersebut kepada pemilik perusahaan, tidak usah dititipkan kepada rekan kerja, ingat dunia kerja itu keras dan penuh rintangan, jangan sampai terjegal di menit-menit terakhir.

Demikian cara membuat surat pengunduran diri yang mungkin bukan yang terbaik, tapi paling tidak hal-hal tersebut merupakan dasar saat ingin mengundurkan diri. Jangan lupa untuk berpamitan kepada seluruh rekan kerja agar tidak disangka menghilang.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas