Langkah Tepat Saat Berencana Mengundurkan Diri

sumber : content.shopback.com

Berhenti dari sebuat perusahaan sebenarnya adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Karena setiap memiliki hak atas hidupnya, mungkin memiliki masalah lain sehingga terpaksa untuk berhenti atau alasan lain. Dalam dunia kerja professional, saat ingin memutuskan untuk berhenti bekerja, tentunya kita tidak bisa langsung angkat kaki tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya, hal tersebut akan merusak hubunganmu dengan perusahaan. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat surat pengunduran diri, dengan cara ini perusahaan bisa mempersiapkan pekerja lain untuk menggantikan posisimu. Cara membuat surat pengunduran diri terkadang juga membuat bingung bagi sebagian orang yang masih awam, sehingga membuat mereka mengacuhkan hal tersebut. Padalah hal tersebut sangat penting adanya.

Ada banyak sekali contoh dan cara membuat surat pengunduran diri yang bisa kamu cari melalui internet. Selain cara membuat surat pengunduran diri, kamu juga perlu mencari tahu tentang alasan-alasan yang logis agar diberikan izin untuk berhenti dari perusahaan. Sebenarnya, soal alasan kamu tidak perlu mencarinya di internet, karena yang tahu alasan kamu kenapa ingin berhenti adalah dirimu sendiri. Intinya pastikan alasan yang kamu miliki cukup rasional dan dapat diterima.

Surat pengunduran diri ini merupakan suatu wujud itikad baik kepada perusahaan karena telah memberikan kamu peluang untuk bekerja, mendapat pengalaman, dan bisa memenuhi kebutuhan. Cara membuat surat pengunduran diri juga sangat mudah, kamu hanya perlu menulisnya dengan rapi dan menggunakan Bahasa yang baik dan benar. Jika kamu sudah memilki perasaan untuk berhenti dari suatu pekerjaan, maka pikirkanlah cara yang tepat agar tidak menimbulkan konflik dengan perusahaan. Berikut adalah beberapa langkah tepat yang bisa kamu lakukan jika memiliki rencana mengundurkan diri dari perusahaan.

Langkah Tepat untuk Mengundurkan Diri Dari Perusahaan

sumber : www.woke.id

1. Tidak Berhenti Secara Mendadak

Jika pagi ini kamu memiliki rencana untuk berhenti bekerja karena suatu alasan, maka jangan pula mengundurkan diri di hari hari itu pula. Perusahaan juga butuh waktu untuk bisa mendapatkan. penggantimu. Jika kamu tiba-tiba berhenti, maka siapa yang akan mengisi di posisi tersebut. Bisa saja bersikap bodo amat, namun harus kita ingat bahwa perusahaan itu telah berjasa untuk kita. Jadi, hal ini bisa masuk dalam cara membuat surat pengunduran diri yang benar, yaitu dengan tidak membuat secara mendadak.

2. Sampaikan Langsung Kepada Pemiliki Perusahaan

Kedua, setelah membuat surat pengunduran diri, kamu harus menyampaikannya langsung kepada bos atau pemiliki perusahaan. Tujuannya adalah agar si pemiliki perusahaan lebih mengerti dan kamu juga bisa menjelaskan secara langsung tentang alasan kamu ingin angkat kaki dari perusahaan.

3. Tetap Bekerja dengan Baik

Setelah semua telah tersampaikan perihal pengunduran diri, mungkin kamu harus menunggu beberapa hari sampai perusahaan sudah mendapat karyawan yang baru. Meskipun begitu, kamu harus tetap bekerja secara professional, jangan sampai bekerja dengan kinerja yang buruk hanya karena akan berhenti dalam waktu dekat.

4. Tinggalkan Kesan Positif

Sebenarnya point ke empat ini adalah rangkuman dari semuanya, yaitu tinggalkan kesan positif. Sebagai seseorang yang prefesional, tidak ada susahnya untuk membuat kesan positif dengan seluruh awak perusahaan, mulai dari karyawan sedivisi, bos atau manajer, dan juga dengan security perusahaan. Hal tersebut tidak lain adalah karena mereka pasti pernah terlibat langsung denganmu dalam beberapa kasus, sehingga kamu perlu menjaga hubungan tersebut.

Hal-hal lainnya tentang langkah tepat saat ingin mengundurkan diri dari perusahaan adalah dengan tetap menjaga prifesionalisme dan juga pamitlah dengan sopan. Akan percuma jika paham tentang cara membuat surat pengunduran diri jika tidak tepat langkahnya. Mengundurkan diri dengan langkah yang tepat akan membuat kamu lebih dihargai oleh perusahaan, bahkan perusahaan juga tidak akan keberatan memberikan bonu tambahan sebagai bentuk ucapan terimakasih karena telah bekerja dengan baik. Baiklah mungkin itu saja tentang langkah tepat saat ingin mengundurkan diri dari perusahaan, semoga setelah memiliki rencana berhenti kamu benar-benar memiliki pekerjaan lain yang lebih layak dan meningkatkan kesejahteraan.

Langkah Tepat Saat Berencana Mengundurkan Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas