Memulai Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

sumber: cpssoft.com

Franchise makanan dan minuman menjadi pilihan bagi pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis. Prosesnya yang mudah menjadi nilai tawar yang sering digaungkan. Sebagai seorang pemula di bidang ini, pastiny akan akan kerepotan untuk membuat konsep dari bisnis makanan dan minuman. Hadirnya franchise kan memudahkan untuk melewati itu semua. Anda hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli buah pikiran dari para penyedia franchise.

Selain modal, Anda harus memilih tempat yang strategis untuk tempat penjualan. Karena dengan tempat yang strategis, akan sering dikunjungi orang dan kemungkinan besar akan menyampatkan waktu untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Selain itu Anda perlu juga memetakan pangsa pasar yang akan Anda tuju, sehingga Anda akan mudah dalam memilih jenis franchise makanan dan minuman yang cocok untuk Anda terapkan di tempat Anda akan membuka franchise tersebut.

Walaupun konsep franchise makanan dan minuman sudah disiapkan untuk Anda. Hal tersebut tidak serta-merta akan membuat bisnis yang Anda jalankan akan sama ramainya bisnis franchise yang serupa. Perlu adanya inovasi tempat maupun pernak-pernaik lain yang harus Anda tambahkan untuk dapat menarik konsumen di tempat tersebut.

Tips Merintis Bisnis Franchise Makanan dan Minuman Baru

sumber : img.okeinfo.net

Konsep makanan dan minuman yang tidak bisa dirubah pada bisnis franchise makanan dan minuman tidak memungkinkan untuk Anda melakukan inovasi terhadap jenis makanan dan minuman yang ada. Oleh sebab itulah ketika Anda ingin melakukan terobasan baru Anda bisa membuat terobasan baru dengan merintis atau membuat bisnis franchise sendiri. Walaupun agak ribet dalam memikirkan konsep makanan dan minuman yang akan Anda jual. Ketika Anda sudah memiliki ide makanan dan minuman yang akan Anda buat, itu sudah sangat bagus. Sisanya hanya tingkal eksekusi saja. Beberapa poin pening yang harus Anda siapkan antara lain.

  1.  Alat Produksi

Untuk membuat bisnis franchise makanan dan minuman. Pastinya membutuhkan peralatan untuk produksi. Baik mulai peralatan untuk memasak, maupun peralatan untuk packing. Pastikan saat membeli peralatan, gunakan produk yang berkualitas tinggi, sehingga masa pemakaiannya juga baik. Hal ini akan mengurangi biaya tambahan untuk membeli peralatan baru ataupun biaya perawatan.

  • Konsep Produk

Walaupun ide sudah ada. Tidak selamanya realita akan sama dengan ekspektasi yang sudah Anda pikirkan. Sehingga perlu adanya percobaan untuk setiap olahan yang akan Anda buat. Dengan banyaknya percobaan, Anda dapat menemukan cita rasa yang paling baik dari setiap percobaan. Setelah produk selesai dibuat. Anda juga perlu memikirkan tampilannya. Makanan dan minuman yang mempunyai cita rasa lezat tidak akan mudah dijual ketika tidak mempunyai tampilan yang menarik. Begitu juga dengan kemasan yang ada. Untuk masalah packing, buat semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen untuk datang kembali.

  • Nama Produk

Nama dari produk makanan dan minuman yang Anda buat akan menjadi ikon dari bisnis Anda. Usagakan memilih nama produk yang simpel dan juga mudah di ingat. Hal ini akan membuat konsumen Anda, lebih mudah untuk menemukan gerai Anda, dengan membawa calon konsumen baru.

  • Dekorasi Gerai yang Menarik

Untuk dapat menarik minat konsumen, Anda perlu memancing mereka untuk datang ke gerai Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat gerai bisnis Anda mudah untuk terlihat. Anda bisa mendekorasi tampiilan gerai semenarik mungkin, sehingga terlihat mencolok. Dengan begitu konsumen akan mudah untuk melihat kalau ada gerai bisnis franchise Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah, samakan konsep dekorasi gerai dengan nama dan konsep makanan yang Anda jual. Sehingga akan singkron antara makanan dan juga gerai yang Anda buat. Serta jangan terlalu berlebihan dalam mendekorasi gerai.

  • Harga Jual yang Relevan

Untuk menentukan harga produk, pastinya melihat harga produksi terlebih dahulu ditambah dengan keuntungan yang diinginkan. Untuk dapat menarik konsumen untuk datang kembali, pastinya harus dengan harga yang murah bukan. Akan tetapi jika harga yang Anda tawarkan terlalu murah, akan membuat keuntungan Anda lebih kecil. Oleh sebab itulah gunakan harga yang relevan dengan produk yang akan didapatkan oleh konsumen. Sehingga produk yang diterima oleh konsumen make sense dengan harganya.

  • Promosi

Promosi menjadi faktor penentu. Kenapa penentu, karena dengan Anda melakukan promosi produk Anda, semua orang akan tahu dengan produk makanan yang Anda tawarkan. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi produk. Akan lebih menguntungkan jika Anda mempunyai teman seorang influlencer. Anda bisa minta bantuan teman Anda tersebut untuk mempromosikan produk makanan yang Anda jual.

Dari keenam tips tersebut tidak serta-merta akan membuat bisnis franchise makanan dan minuman yang Anda jalankan akan berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Ada kalanya perubahan-perubahan diperlukan agar franchise yang Anda rintis dapat mempunyai nilai saing dibidang bisnis makanan yang ada. Selain itu sikap tidak mudah putus asa akan menjadi faktor penentu untuk dapat sukses di bidang ini.

Memulai Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas