Problematika Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

sumber : cleverism.com

Perkembangan sektor ekonomi yang semakin maju, membuat semua orang ingin terjun ke dunia bisnis. Tantangan yang sangat menarik untuk dicoba akan membuat semua orang ingin sukses dibidang ini. Persaingan yang ketat, pasang surut penjualan produk sampai perubahan pola kosumen menjadi tantangan yang ada di dunia bisnis. Ketika Anda sudah bisa melewati itu semua, Anda akan mudah menjalankan bisnis ini. Bagi seorang pemula, untuk dapat melewati itu semua pastinya sulit. Oleh sebab itu, saat ini ada sistem franchise yang menawarkan konsep bisnis untuk Anda lakukan. Dengan menggunakan konsep ini, Anda akan sedikit terbantu untuk memulai bisnis franchise makanan dan minuman

Walaupun ada bantuan yang diberikan untuk Anda. Dalam hal ini hanya akan membantu Anda untuk memulai bisnis franchise makanan dan minuman saja. Bantuan yang Anda terima hanya berupa konsep produk, pemasaran dan juga segala kebutuhan produk. Baik berupa peralatan maupun bahan baku. Untuk dapat mengembangkan franchise ini. Anda perlu berguru dengan pemilik franchise tempat Anda melakukan kemitraan.

Kendala yang Ada pada Franchise Makanan dan Minuman

sumber : www.indiafilings.com

Bisnis franchise, terutama franchise makanan dan minuman memang mempunyai peluang bisnis yang tinggi. Sehingga akan mendatangkan banyak kompetitor yang bergerak dibidang yang sama. Walaupun bisnis kemitraan yang Anda jalankan mempunyai daya saing yang tingii, hal itu akan sia-sia jika Anda tidak mampu memaksimalkannya. Anda akan kalah dengan kompetitor yang memiliki kemitraan yang sama dengan Anda.

Selain kompetitor dibidang yang sama. Ada beberapa kendala yang sering terjadi pada bisnis franchise makanan dan minuman. Baik dari faktor penyedia franchise maupun dari kondisi Anda sendiri. Berikut ini beberapa kendala yang sering dihadapi oleh orang yang bergerak di bidang bisnis franchise.

  1. Modal yang Tinggi

Agar dapat membuka bisnis franchise makanan dan minuman tertentu, kita diharuskan untuk menyerahkan modal, guna mendapatkan hak untuk menggunakan nama produk yang Anda inginkan. Tidak hanya hak untuk menjual produk saja, Anda juga akan mendapatkan bimbingan dan juga peralatan untuk mendukung bisnis tersebut. walaupun nominal modal yang harus Anda siapkan berbeda-beda tergantung franchise yang Anda pilih. Franchise dengan nama yang terkenal dan mempunyai omset yang besar, akan menawarkan dengan harga yang tinggi. Sehingga diperlukan modal yang tinggi untuk dapat mempunyai hak jualnya. Meskipun banyak franchise yang menawarkan harga kerja sama yang murah, dengan reputasi yang belum menjanjikan. Akan sangat beresiko untuk Anda masuki. Selain itu ada juga franchise yang meminta bagian dari keuntungan penjualan.

  • Lokasi yang tidak Strategis

Walaupun Anda bisa menentukan lokasi berdirinya franchise tempat Anda sesuka hati. Ada kalanya pemilik franchise juga mempertimbangkan lokasi penjualan yang Anda gunakan. Sering kali pemilik franchise hanya mengizinkan perwakilan franchisenya pada jarak tertentu. Adanya jarak ini akan membuat daya saing dengan kompetitor pada franchise yang sama semakin kecil. Lain ceritanya jika tidak ada kebijakan tersebut. akan banyak pesaing dengan produk yang sama pada satu lingkungan. Hal inilah yang akan membuat penjualan rendah.

  • Kreatifitas dibatasi

Konsep bisnis yang sudah ditentukan oleh pemilik franchise yang mewajibkan Anda untuk mengikutinya, akan mematikan kreatifitas Anda. Tidak hanya dalam inovasi produk makanan dan minuman. Untuk dapat menarik konsumen Anda juga harus sesuai dengan konsep yang telah diberikan. Hal ini akan membuat ide kreatifitas Anda untuk memasarkan produk akan melemah. Sehingga omset penjualan Anda tidak akan mudah berkembang.

  • Masalah Citra Merek Dagang

Mempunyai merek dagang franchise terkenal akan memberikan keuntungan dalam menjalankan bisnis tersebut. akan tetapi produk yang terkenal pastinya akan banyak juga orang yang bermitra dengan merek dagang franchise tersebut. Semakin banyak gerai dengan merek dagang yang sama, tentunya juga dengan karakter pelayanan yang berbeda-beda juga. Hal inilah yang akan menimbulkan permasalahan ketika ada salah sarru gerai yang mempunyai citra yang buruk. Tidak hanya gerai tersebut yang dinilai buruk. Dengan adanya internet, arus informasi akan mudah menyebar. Sehingga citra buruk dari gerai tersebut juga akan berdampak pada setiap gerai dengan merek dagang yang sama.

  • Permasalahan Pemilik Franchise

Usaha yang tidak berdiri sendiri ini, akan sangat rentan ketika induknya mengalami permaslahan. Baik berupa pasokan bahan baku yang telat hingga induk bisnis ini mengalami kebangkrutan. Hal ini akan membuat Anda kesuahan untuk melanjutkan bisnis ini sendiri. Hal tersebut akan memberikan tekanan untuk tetap melanjutkan bisnis tersebut.

Selain kelima faktor tersebut. Seringkali permasalahan datang dari diri sendiri. Sehingga akan menimbulkan keresahan untuk tetap melanjutkan bisnis franchise tersebut. Untuk dapat terus bergerak maju dan bertahan melanjutkan bisnis franchise yang sudah Anda jalankan diperlukan mental dan semangat tingii. Sehingga franchise makanan dan minuman yang Anda jalankan tetap bertahan dan menguntungkan untuk Anda.

Problematika Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas