Apa Itu Daftar Riwayat Hidup (CV)?

Daftar Riwayat Hidup atau lebih dikenal CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen atau catatan yang menggambarkan diri pribadi seseorang. Dokumen ini dirancang agar penggambaran diri menjadi lebih singkat. Curriculum vitae berisi tentang informasi diri, pendidikan, pengalaman dan kualifikasi lain yang dibutuhkan.

Ketika Anda akan melamar pekerjaan, CV menjadi bagian penting mengenai diterima tidaknya diri Anda dalam pekerjaan tersebut. Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang berisi informasi mengenai seseorang ataupun sejarah hidup seseorang.

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae tidak hanya berisi tentang data diri saja, tetapi juga tentang riwayat pendidikan, daftar keahlian dan pengalaman kerja yang sudah dimiliki. Jika Anda merupakan fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menambah pengalaman organisasi yang pernah diikuti.

Definisi Daftar Riwayat Hidup dapat dikatakan sebagai dokumen untuk mempromosikan diri kepada instansi, perusahaan atau seseorang. Sehingga dalam penulisan riwayat hidup harus menyajikan data yang sesuai dengan faktanya. Fungsi Cv yaitu untuk memperkenalkan diri secara tidak langsung dengan tertulis mengenai data pribadi, latar belakang pendidikan dan sebagainya kepada pihak instansi yang dituju.

Curriculum vitae sendiri menjadi bagian penting untuk menentukan Anda diterima atau tidak dalam instansi atau perusahaan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus membuat CV sebaik dan semenarik mungkin. Bagian-Bagian Cv pertama yang harus dicantumkan yaitu informasi pribadi.

Dengan memberikan informasi pribadi secara lengkap, maka perekekrut tidak kesulitan dalam mencari kontak untuk menghubungi Anda. Deskripsi diri menjadi bagian penting untuk mempromosikan diri. Anda bisa menulis tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perekrut untuk memilih Anda.

Bagian selanjutnya yaitu pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti oleh sang pemilik curriculum vitae. Tuliskan secara lengkap pendidikan formal dan non formal yang pernah dijalani. Bagian selanjutnya yaitu pengalaman bekerja dimulai dari posisi yang baru ditempati.

Keahlian tambahan dapat diisi keterampilan yang dimiliki. Seperti penguasaan bahasa asing atau keterampilan komputer. Bagian selanjutnya yaitu mencantumkan prestasi yang pernah diraih. Jika Anda pernah memiliki pengalaman kerja, tentu pada bagian curriculum vitae harus disertakan referensi.

Referensi diisi setidaknya dua orang yang mengetahui Anda dengan baik. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat riwayat hidup yaitu menulis data diri. Cara Membuat Cv yang harus ditulis dalam data diri yaitu nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, status pernikahan, agama, nomor telepon, dan alamat email.

Anda bisa menambahkan informasi lain sesuai dengan keinginan. Seperti informasi yang perlu pembaca ketahui, misalnya tinggi badan, berat badan atau alamat domisili. Setelah menulis data diri secara lengkap, tulis riwayat pendidikan formal yang pernah Anda jalani.

Alangkah baiknya jika Anda juga ikut mencantumkan masa atau tahun tempuh setiap jenjang pendidikan tersebut. Jika sub judul yang Anda tuliskan “Riwayat Pendidikan”, maka tulis pendidikan dari jenjang yang lebih rendah menuju jenjang pendidikan ke lebih tinggi.

Karena riwayat pendidikan berarti kronologi dari pendidikan tersebut. Jika su judul yang dituliskan “Pendidikan” saja, Anda tulis pendidikan dari yang paling tinggi menuju pendidikan yang paling rendah. Jika Anda pernah menempuh pendidikan non formal, Anda bisa menambahkan informasi mengenai pendidikan non formal yang pernah dijalani.

Pendidikan non formal meliputi kursus atau pernah belajar di pondok pesantren. Agar informasi lebih jelas, Anda bisa menambah tahun pada pendidikan tersebut. Setelah 3 poin diatas, tulis pengalaman organisasi yang pernah diikuti dan jabatannya.

Tetapi jika Anda belum pernah mengikuti organisasi, Anda bisa melewatkannya. Prestasi yang pernah diraih dapat dicantumkan pada daftar riwayat hidup. Sebaiknya Anda mencantumkan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Saya tidak PD nih tentang CV yang saya buat.

Tips Membuat CV yang pertama yaitu menghindari kesalahan ketik pada daftar riwayat hidup yang Anda tulis. Selain itu, huruf yang digunakan juga harus memilih tulisan yang sifatnya normal. Kesalahan ketik dan huruf yang tidak sesuai akan memberikan kesan pertama dalam perekrutan.

Tips selanjutnya yaitu membuat CV yang kreatif. Buatkan CV yang sederhana namun terkesan modern tanpa menghilangkan kesan formal. Dalam CV yang Anda buat harus berisi data yang valid. Jangan sampai Anda menuliskan informasi yang tidak valid atau tidak sesuai kenyataan.

Misalnya Anda menuliskan IPK 3.00 padahal Anda IPK Anda dibawahnya. Perekrut secara otomatis akan memposisikan Anda dalam daftar blacklist daftar perekrutan. Buatlah CV yang singkat dan jelas. Anda tidak perlu menjabarkan secara rinci dengan membuat CV layaknya seperti esay.

CV yang terlalu panjang akan membuat perekrut malas untuk membaca dokumen Anda. Daftar Riwayat Hidup tidak bisa dianggap sepele, karena CV juga menjadi bagian penentu Anda diterima atau tidak di perusahaan yang dilamar. Dokumen pertama yang dilihat oleh HRD yaitu terletak pada daftar riwayat hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *